Posted by : Eva Fembiana Minggu, 29 November 2015

Hello...assalamualaikum sobat blogger.. Siang ini saya ingin memposting hasil karya saya sendiri. Simple dan mudah kok.. Yang terpenting sobat sudah mempunyai aplikasinya dulu macromedia flash atau adobe flash juga bisa, kalo belom silahkan download dulu yah..

Program ini harus memilah setiap halaman yang ingin ditampilkan. Beberapa file yang akan saya tampilkan seperti data dibawah ini :

  1. indek.fla
  2. pendidikan.fla
  3. hobby.fla didalamnya akan saya tampilkan data sebagi berikut ("chatting.fla, shopping.fla, hunpot.fla, music.fla, olshop.fla")
  4. kontak.fla
  5. galery.fla didalamnya akan saya tampilkan data foto-foto dengan beberapa file ("aku.fla, family.fla, sahabat.fla, love.fla, kq5.fla, dosen.fla, plesir.fla, kampus.fla, sma.fla, all.fla")
  6. close.fla
Simak tutorial saya satu per satu yah teman-teman :

1. Pertama-tama siapkan dan buka aplikasi Macromedia flash 8 (saya pakai itu) kemudian pilih Flash Document - OK


2. Kemudian buatlah file "Index.fla" sebagai halaman utama untuk keempat file .fla yang lain, jadi index.fla ini sebagai induk dari keempat halaman tadi dan atur sizenya seperti gambar berikut. (sesuaikan dengan kebutuhan sobat)


3. Pada file "Index.fla" kita membutuhkan 3 layer yaitu background, action, dan tombol.


 4. Kemudian desain background sesuai keinginan kalian di layer "bg".


5.  Membuat tombol sesuai kebutuhan pada layer “Tombol”, seperti pada gambar dan desain sesuai keingina. Saya tambahkan foto pada halaman depan dengan cara klik File - Import - Import to Stage.


6. Setelah membuat tombol, lalu double klik pada tiap2 button dan ubah warna pada keyframe “over” sehingga ketika kursor mengarah ke tombol akan berubah warna. Contoh seperti berikut cara dan hasilnya.





7. Tulis script ini pada layer “Action”. Klik kanan pilih "Action" atau langsung action yang ada dibawah. Script
fscommand("fullscreen",true);
fscommand("showmenu",false);
fscommand("allowscale",false);
fscommand("trapallkeys",false);


8. Masukkan Script berikut :
  • Pada button "x" on (release)
{
fscommand("quit");
}

  • Pada button "profil" on (release)
{
loadMovieNum("profil.swf",1);
}

  • Pada button "pendidikan" on (release)
{
loadMovieNum("pendidikan.swf",2);
}

  • Pada button "hobby" on (release)
{
loadMovieNum("hobby.swf",3);
}

  • Pada button "kontak" on (release)
{
loadMovieNum("kontak.swf",4);
}

  • Pada button "galeri" on (release)
{
loadMovieNum("galeri.swf",5);
}


NB :nama file yang digunakan.swf

Berikut adalah hasil kreasi saya simak satu per satu yah :

 










Silahkan dicoba semoga bermanfaat yah sobat :)
 


{ 1 komentar... read them below or add one }


  1. tutorialnya sudah bagus, ada baiknya klo blog ini dikembangkan. kombine dengan kehidupan sehari hari, kuliah, hobby dan jangan lupa lakukan blogwalking, siapa tau suatu saat bloggnya bisa menghasilkan rupiah kayak punya saya :) http://dsukmana.wordpress.com (coba cek dan komentari ya)

    BalasHapus

- Copyright © Fembiana's Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Evalanche -