Posted by : Eva Fembiana Sabtu, 23 Mei 2015

Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman budaya, antara lain budaya adat, pakaian, dan makanan. Kali ini saya akan membahas seputar kuliner daerah. Tentunya didaerah saya yaitu Solo, Jawa Tengah. Di Propinsi Jawa Tengah banyak keanekaragaman jenis makanan khas. Antara lain : soto, timlo, sawut, cauk rambak, sego liwet, ketan, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang salah satu makan khas Jawa Tengah yaitu "SAWUT SINGKONG". Dari namanya saja sudah jelas yaa..  Kalian pernah mendengar makanan sawut sobat? Tentu sudah ya, sawut adalah salah satu makanan yang terbuat dengan bahan pokok singkong. Lebih jelasnya lagi singkong yang diparut kasar dan ditaburi parutan kelapa sekaligus parutan gula jawa dan juga bisa saja keju jika suka dengan keju. Sawut memang langka untuk daerah diluar Jawa Tengah, kecuali memang untuk seseorang yang bisa membuatnya. Sawut banyak ditemui dipasar-pasar tradisional khusunya. Jika didaerah kalian tidak ada yang menjual sawut, kalian bisa lho membuat sawut dirumah kalian masing-masing.Caranya cukup mudah dan praktis sobat, terbuat dari bahan-bahan sederhana dan rasanya sangat khas sangat lezat. Sawut sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga, teman, dan kerabat lainnya. Bisa sebagai cemilan, makan sampingan, maupun makanan pokok. Oke saya akan menjelaskan resep dan cara membuat sawut dirumah sobat masing-masing, agar tidak bingung langsung saja ya sedikit menambah pengetahuan.

Sawut Singkong Jawa Tengah
Bahan-bahan :
  • Singkong tua sekitar 1kg
  • Gula Jawa 1/2kg (disisir)
  • Kelapa parut secukupnya
  • Garam 1 sdt.
  • Vanilli 1 bungkus
  • Keju Cheddar secukupnya (sesuai selera)
  • Daun Pandan 3lembar
Cara membuat :
  1. Parut/sisir singkong hingga terparut rata.
  2. Taburi gulai jawa yang etlah disisir pula, bersamaan kelapa parut tadi kemudian aduk rata singkong, gula jawa, kalapa patur tersebut.
  3. Tambahkan vanili bubuk pada sawut yg telah diaduk rata tadi.
  4. Kemudian masukkan dalam wadah yang berisi singkong yg=ang telah diaduk rata bersamaan dengan gula jawa, kelapa parut, dan vanilli, beserta daun pandan.
  5. Kukus kurang lebih 15 menit hingga matang.
  6. Setelah matang taburi keju parut sesuai selera dan hias.
  7. Siap sajikan rasakan kenikmatannya.
Berikut hasil dokumentasi saya saat mencoba membuat Sawut Singkong :





Nah... sangat mudah kan sobat. Kalian bisa kok membuatnya dirumah. Rasanya enak, manis, gurih, dan pokoknya lezat. Apalagi jika diberi parutan keju, maka akan menambah cita rasa yang khas nan lezat. Selamat mencoba. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat.



{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus

- Copyright © Fembiana's Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Evalanche -